PENGGUNAAN FUNGSI "NOT" PADA EXCEL

Hai Teman-Teman pada kesempatan hari ini saya akan memberikan tutorial mengenai penggunaan fungsi NOT pada excel. Fungsi "NOT" di excel itu sama seperti hal nya Fungsi "AND" dan fungsi "OR" untuk penjelas bagaimana penggunaan fungsi AND dan fungsi OR itu teman - teman bila lihat tutorial di link ini fungsi AND dan fungsi OR.

Fungsi NOT itu sendiri adalah  Salah satu fungsi yang ada di excel yang menghasilkan Nilai TRUE jika kondisi yang di uji FALSE dan akan mendapatkan nilai FALSE jika kondisi yang di uji benar.
untuk lebih jelas nya bisa lihat table di bawah ini:
Logical NOT








RUMUS NOT 

=NOT([A];[B];[...])

 
untuk contoh dalam implementasi nya teman-teman bisa lihat contoh di bawah ini

Contoh penggunaan kondisi NOT







tabel hasil fungsi NOT di gabung dengan Fungsi IF  Fungsi NOT pada rumus tersebut akan menetukan nilai TRUE menjadi FALSE pada fungsi IF


Kedua fungsi ini akan sering di butuhkan jika memerlukan uji logika tertentu dalam menyusun rumus excel.

Untuk tutorial selanjut nya saya akan membahas tentang fungsi SINGLE IF dan MULTI IF.
 
Tinggalkan komentar jika Teman - Teman mengalami kesulitan dalam pemahaman Fungsi ini.

BELAJAR ITU MENYENANGKAN.




Komentar

  1. sama - sama, terimakasih sudah berkunjung di blog saya :D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ane mau tanya,,bedanya sama IF biasa apa ?? Kan kalau pake IF doang gak pake (Not) akan lebih menyederhanakan rumus contoh : =IF(D3>=60),"LULUS","GAGAL").
    Mohon penjelasannya ya gan ane masih bingung ni?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Function NOT yang digunakan untuk membalikkan kondisi TRUE dan FALSE suatu pada pengujian logika gan ... sebenernya sama saja..... tetapi tanpa NOT IF(D3>=60),"LULUS","GAGAL"). hasil nya LULUS [TRUE] kalau pakai NOT hasilnya GAGAL [FALSE]

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INACBG 5.1 - FAILED : LISENSI EXPIRED (X-0-97-X)

PENGGUNAAN FUNGSI SINGLE IF DAN MULTI IF